Kain Tenun Ikat Ini Asli Proses Pembuatannya Bisa Sampai Satu Tahun

img_0709-small
Kain Tenun Ikat Pria ( Tais Mone)
img_0719-small
Kain Tenun Ikat Perempuan ( Tais Pana )

SIDEKA -fulur.desa.id: Unik Memang kekayaan alam dan Budaya Indonesia, Dari Sabang sampai Merauke Terbentang ribuan Kekayaan dengan beragam corak dan rupa   , dari sisi Hamparan bentang alam dan isinya maupun Manusia Penghuni dan Tradisi budayanya.

Ini Cerita dari Timur Indonesia. Dari desa Fulur dan kawasan sekitarnya. Ada satu keunikanan Tradisi Budayanya , Meski dilupakan dan ditinggalkan sebagian warganya, namun Masih tetap dijaga dan dipertahankan oleh Separuh pengagumnya.

Sebuah mahakarya  Asli alam, Bahanya dari kapas Asli yang ditanam dan dipanen oleh warga, Prosesnya pun masih alami , tanpa menggunakan Bahan pewarna Buatan  Kain ini diwarnai dengan Pewarna dari tumbuhan yang ada di Desa dan Sekitarnya.

Benangnya Dirajut perlahan dengan cara menggulung kapas dengan alat penggulung yang kemudian menjadi benang, Meter demi meter benang terbentuk, sampai kira-kira benang cukup untuk membuat sebuah kain masih belum juga berakhir perjuangan membuat benang tersebut layak di pakai, Tangan halus para Perempuan desa masih harus menghaluskan lagi benang tersebut meter-demi meter, cukup sulit  memang, Banyak tenaga yang terkuras, banyak waktu yang terbuang.

Sampai saat benang tersebut benar-benar siap tahapan selanjutnya adalah memberi motif pada benang tersebut sebelum di tenun,  caranya  adalah dengan teknik mengikat benang tersebut sesuai motif yang diinginkan kemudian ikatan benang itu dimasak dengan pewarna dari tumbuhan, Setelah Di masak Motif awal tersebut dikeringkan.

Selanjutnya Proses membentuk tenunan dengan menggulung pada alat tenun, Hentakan demi hentakan alat tenun akan membentuk kain sedikit demi sedikit. sampai benar -benar sehelai kain   prosesnya memakan waktu 7 bulan sampai 1 tahun lamanya.

Inilah Sebuah tradisi Budaya leluhur yang masih dipertahankan oleh Warga Desa. Melihat  Lamanya proses pembuatan dan Masih aslinya Bahan untuk Membuatnya Produk ini dihargai 1,5 sampai 2 JUta di pasaran. // el_fabio

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan