CENDANA TUMBUHAN KHAS PULAU TIMOR YANG NYARIS PUNAH

sideka-fulur.desa.id: Pulau timor sebuah pulau terbesar yang ada di propinsi NTT memang sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Pulau ini sempat terkenal pada saat terjadi gejolak kemerdekaan Negara Republik Demokratik Timor Leste, yang dulunya merupakan propinsi ke 27 di wilayah indonesia. Pulau timor terpisah menjadi dua bagian yakni timor barat yang menjadi wilayah NKRI dan Timor timur yang menjadi Negara RDTL. Selain itu pulau ini menjadi terkenal dengan sebutan Nusa Cendana karena di pulau ini banyak terdapat pohon cendana yang konon katanya hanya ada di pulau ini.Kayu dari pohon ini yang akan diolah menjadi minyak cendana yang sangat mahal harganya.

Ya cendana sempat menjadi primadona untuk daratan timor dulu, namun saat ini pohon cendana sudah jarang ditemui, karna sering ditebang untuk dijual. Selain itu jenis pohon ini sangat sulit untuk di budidayakan. Menurut beberapa warga desa fulur yang pernah melakukan uji coba penanaman cendana biasanya bibit pohon ini disemaikan bersama bibit lombok(cabe rawit), menurut warga bibit cendana tidak akan tumbuh kalau disemaikan sendiri. Beberapa warga juga mengatakan bahwa cendana yang ditanam di tanah biasa akan sangat lama terbentuk intinya (isinya), dibanding yang tumbuh sendiri, biasanya cendana yang tumbuh di batu karang akan lebih cepat berisi. Ditanya apakah masih ada pohon cendana di lahan mereka warga mengaku bahwa pohon ini sudah susah di dapat.

Cendana adalah identitas pulau timor. Sebutan Nusa Cendana kelak akan menjadi dongeng yang tidak pernah dibuktikan kebenarannya oleh anak cucu nanti kalau mereka tidak bisa melihat Cendana. Untuk itu warga berharap akan adanya pihak – pihak yang bisa mendampingi masyarakat untuk membudidayakan Cendana, Agar wangi cendana manis tetap semerbak di Pulau Timor Deo Gratia. surileboeduard.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan