AIR TERJUN ULUK TIL ” SURGA TERSEMBUNYI DI BATAS DESA FULUR”

sideka-fulur.desa.id : Nusantara memang menyajikan alam yang kaya raya, banyak pesona keindahan yang memukau dunia yang terbentang dari sabang-sampai merauke. Dari yang sudah terkenal di seluruh belahan dunia bahkan sampai yang belum terlihat dan tersentuh oleh siapapun, semua pesona keindahan alam itu akan memanjakan mata siapa saja yang datang.

Salah satu contohnya adalah “Uluk Til” sebuah air terjun yang terletak di antara desa Fulur kecamatan Lamaknen dan Desa Aitoun kecamatan Raihat Kabupaten Belu. Sebuah panorama alam yang sangat indah ini memang asing ditelinga banyak orang, memang tempat ini jarang dikunjungi oleh wisatawan karena memang terletak di lembah yang sangat terjal.

Pewarta desa fulur pada hari jumat 24 februari 2017  mengunjungi lokasi tersebut bersama 2 orang warga desa fulur. Lokasi Air terjun ini memang tidak jauh dari dusun holpara desa fulur hanya berjarak sekitar kurang dari 1 Km. Namun untuk sampai di tempat ini tidaklah mudah, setelah melewati semak belukar  untuk sampai ke lokasi air terjun 3 tingkat ini pengunjung harus berjibaku dengan medan yang sangat terjal, bebatuan yang sangat besar melewati sungai yang hampir menyerupai tebing dengan ketinggian sekitar 150 meter.

Setelah melewati  perjalanan menuruni tebing pengunjung akan disajikan dengan sebuah mahakarya alam yang sangat indah. Di lokasi tersebut merupakan lokasi pertemuan antara dua sungai (kali) yakni dari Dusun Fulur dan sungai Liakai Dari Dusun Holgotok. Sebuah panorama alam yang sangat luar biasa akan memanjakan mata pengunjung, betapa tidak ! Dari pertemuan kedua sungai tersebut terdapat dua titik air terjun tiga tingkat yang melalui kedua sungai tersebut dan lokasi air terjun tersebut tepat berada di titik bertemunya kedua sungai itu, Airnya yang sangat jernih cocok untuk memanjakan diri di kolam yang tersedia secara alami di lokasi tersebut. Selain itu Pengunjung juga bisa melihat gerombolan monyet yang bertengger di pepohonan di sekitar lokasi air terjun .Sungguh luar biasa!

Namun Sayang saat kami mengunjungi lokasi Air Terjun ini kondisi airnya sedang kotor akibat pengerjaan proyek yang mengambil material di bagian Hulu sungai. Bagi yang baru ingin mengunjungi tempat ini butuh persiapan khusus berupa Nyali dan peralatan kemanan yang cukup untuk menghindari terjadinya kecelakaan, dan harus ditemani oleh warga sekitar. Namun bagi warga Dusun Holpara mereka tidak memerlukan peralatan kemanan karena sudah terbiasa mengunjungi tempat Uluk Till ini.

Nah bagi Para pencinta alam dan penantang adrenalin tempat ini sangat cocok untuk di coba.

foto dan liputan : Suri Lebo Eduardus.

2 Comments

Tinggalkan Balasan