RASTRA : BERAS BERSUBSIDI BAGI MASYARAKAT TINGKAT EKONOMI LEMAH

SIDEKA : fulur.desa.id. Beras Sejahtera ( Rastra)  merupakan subsidi pangan dalam bentuk beras yang diperuntukkan bagi rumah tangga berpenghasilan rendah sebagai upaya dari pemerintah untuk meningkatkan ketahananpangan dan memberikan perlindungan sosial pada rumah tangga sasaran.

Kepala Desa Fulur ( Julianus Lesu Bau) mengatakan bahwa Keberhasilan Program Raskin diukur berdasarkan tingkat pencapaian indikator 6T, yaitu: tepat sasaran, tepat jumlah, tepat harga, tepat waktu, tepat kualitas,dan tepat administrasi. Program ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran Rumah Tangga Sasaran (RTS) melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras dan mencegah penurunan konsumsi energi dan protein serta meningkatkan/membuka akses pangan keluarga .

Pada hari ini (Sabtu, 7 oktober 2017) seluruh masyarakat Desa Fulur yang tergolong dalam Rumah Tangga Sasaran – PM dari 8 dusun diantaranya Dusun Fulur Tas, Dusun Ropolete, Dusun Maligel, Dusun  Holgotok, Dusun Luaguju, Dusun Arlai, Dusun Holpara dan Dusun Balogolo melakukan verifikasi kelengkapan administrasi dalam rangka penerimaan beras bersubsidi (RASTRA) yang difasilitasi oleh masing-masing kepala dusun bersama aparat desa fulur di kantor kepala desa fulur. Kepala Desa Fulur pun menegaskan kepada seluruh masyarakat desa Fulur agar dengan adanya bantuan pemerintah ini masyarakat harus lebih berusaha untuk meningkatkan ekonomi keluarga melalui usaha ekonomi produktif sehingga peningkatan taraf hidup masyakarat pun dapat tercapai.

Pembagian beras raskin bagi masyarakat desa Fulur ini didasarkan pada data penduduk kategori ekonomi lemah sehingga fungsi dan manfaat program pemerintah dalam peningkatan ekonomi masyarakat tepat guna dan tepat sasaran. Dengan adanya upaya pemerintah memberikan beras bersubsidi (RASTRA) bagi masyarakat maka lambat laun peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai. Dengan demikian, masyarakat yang tergolong dalam kategori kemampuan ekonomi lemah dapat keluar dari lingkaran kemiskinan dan tingkat kesejahteraan maksimal pun dapat tercapai..

Foto&Liputan : yantobereleki.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan