TANAMAN HOLTIKULTURA SEBAGAI ALTERNATIF PEMENUHAN KEBUTUHAN POKOK

SIDEKA ; fulur.desa.id. Fenomena sosial menunjukkan bahwa kebutuhan sandang pangan dan papan menjadi prioritas dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Setiap insan penghui persada ini tidak terlepas dari kebutuhan-kebutuhan pokok tersebut diatas. Dalam usaha pemenuhan kebutuhan tersebut diatas, masyarakat Desa Fulur yang berada di pinggiran sungai yang bermuara di wiayah Dusun Holgotok melakukan penanaman tanaman holtikultura sebagai alternatif  pemenuhan kebutuhan pokok serta sebagai sumber pendapatan keluarga. Sistem penanaman tanaman holtikultura pun dilakukan dengan sistem tumpang sari dimana masyarakat menanam 2 jenis tanaman dalam lahan yang sama.

Kondisi ini menunjukkan bahwa masyarakat Desa Fulur yang berada di Dusun Holgotok dan sekitarnya memilki kemauan dan kemampuan dalam melakukan kegiatan pertanian meskipun hanya memamfaatkan sumber air dari kali yang bermuara di sekitar area pertanian. Sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil tanam, maka masyarakat memamfaatkan motor air sebagai sarana utama dalam pemenuhan air sebagai faktor utama dalam peningkatan hasil tanaman. Disamping itu pula, dengan lahan yang luasnya hanya ± 15 x 5 m2 masyarakat mengatur jarak tanam yang ideal guna menunjang pertumbuhan tanaman yang ditanam sehingga hasilnya pun lebih optimal. Jenis tanaman yang ditanam yakni bawang, jagung serta kacang tanah. Masyarakat menanam  jenis tanaman holtikultura ini dalam 1 lahan seluas ± 15 x 5 m2 dengan mengunakan sistem terasering. Masyarakat sebelumnya mempersiapkan lahan dengan membuat terasering  dengan pembagian luas yang sama sehingga ketika proses penanaman dilakukan, tanaman tersebut ditanam pada lahan yang sama dengan jarak tanam yang ideal. Kondisi ini menunjukkan bahwa masyarakat Desa Fulur yang berada di wilayah Dusun Holgotok memiliki potensi yang optimal sehingga dapat dimamfaatkan dalam pemenuhan kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Melalui usaha ini maka lambat laun kondisi ekonomi masyarakat Desa Fulur akan semakin meningkat.

Dengan demikian maka semakin tinggi usaha masyarakat dalam peningkatan kebutuhan pokok maka semakin meningkat pula tingkat kesejahteraan masyarakat karena kebutuhan sandang, pangan, dan papan terpenuhi dengan optimal. sebagai imbasnya maka kesejahteraan masyarakat pun menjadi semakin meningkat.

 

Foto&Liputan : yantobereleky

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan