SOSIALISASI PEMAMFAATAN JARINGAN INTERNET DAN WEB DESA DALAM MENUNJANG PEMASARAN POTENSI DESA FULUR

Sideka : fulur.desa.id// Potensi Desa merupakan salah satu unsur terpenting dalam menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Fulur. Desa Fulur merupakan salah satu Desa bertipologi pegunungan yang memiliki potensi Desa yakni diantaranya bawang merah, bawang putih, kacang tanah, kacang hijau, serta hasil bumi lainnya. Namun yang menjadi kendala dalam menunjang pemamfaatan hasil bumi dan tanaman pertanian lainnya tersebut adalah lemahnya proses pemasaran hasil oleh masyarakat ke pasaran sehingga sering masyarakat melakukan penjualan kepada para tengkulak dengan harga penjualan yang relatif rendah dibawah standar harga di pasaran.  Oleh karena itu, penyuluh Desa Broadband Terpadu Desa Fulur bersama Kepala Desa Fulur melakukan sosialisasi tentang kegunaan pemamfaatan jaringan internet dan web Desa dalam menunjang proses pemasaran hasil pertanian serta hasil bumi lainnya ke pasaran baik pasar Lokal, Nasional, maupun Internasional. Sosialisasi ini dilakukan dengan konsep supaya masyarakat Desa Fulur pada umumnya dapat mengetahui mamfaat penggunaan jaringan internet dan web desa sebagai salah satu sarana untuk melakukan pemasaran hasil bumi dan hasil perkebunan sehingga masyarakat tidak lagi dipengaruhi oleh para tengkulak yang membeli hasil pertanian dan hasil bumi dengan harga relatif rendah. Melalui web Desa dan penggunaan jaringan internet, masyarakat Desa Fulur Dapat melakukan pemasaran hasil bumi dan hasil pertanian  serta dapat mengakses internet sebagai salah satu sarana/alat untuk mengetahui tingkat harga yang sesuai  dengan standar harga yang telah ditentukan.

Sosialisasi ini dilakukan pada hari Selasa (21/11) bertempat di aula kantor kepala desa Fulur di Babalai. Adapun yang hadir pada acara ini yakni aparat Desa Fulur,  Kepala Dusun, Ketua RT/RW, Tokoh Masyarakat serta anggota masyarakat Desa Fulur yang tersebar di 8 Dusun yakni Dusun Ropolete, Dusun Fulur Tas, Dusun Maligel, Dusun Luaguju, Dusun Holpara, Dusun Arlai, Dusun Holgotok, serta Dusun Balogolo. Latar belakang utama pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pola pikir dan pemahaman masyarakat Desa Fulur terkait pemamfaatan jaringan internet serta penggunaan web Desa sebagai alternatif untuk melakukan proses pemasaran terhadap hasil bumi dan hasil pertanian yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Fulur pada umumnya. Disamping itu pula, dengan adanya jaringan internet di Desa Fulur, masyarakat dapat mengakses berbagai situs untuk mengetahui berbagai teknik dan pola menanam yang baik untuk meningkatkan hasil pertanian masyarakat dengan tujuan agar sistem pertanian yang diterapkan oleh masyarakat Desa Fulur dapat lebih ditingkatkan ke taraf yaag lebih naik sehingga hasil yang diperoleh pun lebih optimal dan terus meningkat.

Dalam kegiatan sosialisasi ini pula, penyuluh Desa Broadband Terpadu Desa fulur memberikan latihan kepada masyarakat yang hadir terkait cara mengoperasi komputer dan mengakses internet sehingga masyarakat yang hadir dapat mengoperasi komputer dan mengakses internet untuk mencari berbagai informasi terkait standarisasi harga pasar, pengolaha lahan pertanian serta pola penanaman yang baik untuk dijadikan referensi dalam melakukan usaha pertanian. Namun yang menjadi kendala dalam kegiatan ini yakni kurangnya persediaan sarana komputer yang disediakan sehingga sebagian masyarakat belum dapat mengoperasi komputer dan mengakses internet yang tersedia. Oleh karena itu masyarakat Desa Fulur mengharapkan adanya penambahan komputer di Desa Fulur sehingga seluruh masyarakat Desa Fulur yang tersebar di 8 Dusun dapat menggunakan komputer untuk mengakses internet sebagai sarana informasi dalam menunjang peningkatan hasil pertanian karena dengan meningkatnya hasil pertanian yang diperoleh maka tingkat kesejahteraan masyarakat Desa Fulur akan terus meningkat serta angka kemiskinan pun dapat ditekan.

Dengan demikian, apabila seluruh masyarakat Desa Fulur dapat mengakses jaringan internet yang tersedia maka konsep “Desa Berjejaring Indonesia Kuat” dapat tercapai dan tingkat sumber daya manusia pun dapat ditingkatkan secara optimal.

Liputan : Berelekyanto//

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan