PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA FULUR MELALUI PENGADAAN TERNAK SAPI BETINA

Sideka : fulur.desa.id// Pada hari ini, tanggal 30 November 2017 bertempat di Desa Fulur dilakukan pembagian ternak sapi betina berjumlah 18 ekor bagi masyarakat Desa Fulur yang tersebar di 8 Dusun. Distribusi ternak sapi ini diberikan kepada warga masyarakat Desa Fulur yang tergolong dalam rumah tangga miskin/ekonomi lemah. Langkah ini diambil oleh Pemerintah Desa Fulur sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Fulur menuju taraf hidup yang lebih baik.

Pembagian ternak sapi betina ini merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat Desa karena masyarakat diberdayakan untuk memelihara ternak secara mandiri dan mengembangkan usaha ternak secara mandiri pula. Sekilas meneropong tipologi wilayah Desa Fulur, yang mana  Desa Fulur merupakan salah satu Desa bertipologi pegunungan sehingga sangat cocok untuk pemeliharaan ternak sapi. Pemberian ternak sapi betina ini merupakan salah satu rangsangan bagi warga masyarakat Desa Fulur untuk memelihara dan mengembangkan usaha ternak sebagai salah satu alternatif peningkatan kesejahteraan masyarakat. Disamping itu pula, pemerintah Desa Fulur memberikan ternak sapi betina ini berorientasi pada faktor ekonomi. Saat ini , harga jual ternak sapi di pasaran sangat tinggi dan terus meningkat. Oleh karena itu, masyarakat Desa Fulur yang mendapat bantuan ternak sapi betina diberdayakan  untuk tekun dalam usahanya sehingga lambat laun usaha ekonomi mikro masyarakat Desa Fulur semakin  meningkat.

Lantas, bagaimana tanggapan masyarakat terhadap upaya pemberdayaan masyarakat melalui pengadaan ternak sapi betina????

masyarakat memberi tanggapan positif karena dengan adanya pemberian induk sapi oleh pemerintah Desa Fulur maka upaya percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat  dapat tercapai. Oleh karena itu, masyarakat pun optimis untuk memajukan usaha ternak sapi dengan tekun. Pemerintah Desa Fulur mengharapkan kepada masyarakat penerima ternak untuk tetap tekun dan giat dalam menjalankan usaha pemeliharaan sehingga usaha ekomnomi mikro masyarakat akan terus dan terus berkembang. Imbasnya, hasil dari usaha peternakan tersebut dapat digunakan secara optimal dalam menekan angka kemiskinan. Dengan demikian, apabila pemberdayaan masyarakat melalui pengadaan ternak sapi ini berkembang maka tingkat kemiskinan masyarakat pun akan berhasil  di tekan serta taraf hidup masyarakat meningkat menuju tingkat yang lebih baik..

                                                                                                ” ORA ET LABORA ”

Foto&Liputan : Berelekyanto

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan