DISTRIBUSI ” VIBER ” KEPADA MASYARAKAT DESA FULUR

Sideka : fulur.desa.id// Air bersih adalah salah satu kebutuhan dasar dari setiap manusia dimuka bumi ini. Dengan air bersih kita dapat hidup dengan baik. Air merupakan salah satu sumber kehidupan manusia. Air banyak memberikan manfaat yang besar terhadap kehidupan. Salah satu mamfaatnya yaitu dapat menjaga kesehatan tubuh, selain berguna untuk memasak dan mencuci air bersih juga berguna untuk kebutuhan pokok lainnya. Tetapi jika air bersih itu tidak bisa kita dapatkan, maka kemungkinan besar kita akan merasa tidak nyaman. Dalam keadaan seperti itu maka Semua akan terhambat tanpa air, karena kita terbiasa menggunakan air bersih dalam melakukan pekerjaan terutama pekerjaan rumah.

Fenomena kekurangan air bersih ini dialami oleh masyarakat Desa Fulur. Oleh karena itu, Pada hari ini tanggal 06 Desember 2017 bertempat di Kantor Desa Fulur dilakukan pembagian Viber kepada masyarakat Desa Fulur yang tersebar di Dusun Ropolete dan Fulur Tas. Viber yang didistribusikan berjumlah 58 buah. Langka ini diambil oleh Pemerintah Desa Fulur sebagai alternatif dalam mencegah masalah kekurangan air bersih dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Sekilas melihat situasi sosial masyarakat Desa Fulur maka diketahui bahwa masyarakat yang berdomisili di wilayah Desa Fulur sangat sulit untuk mendapatkan pasokan air bersih sebagai sarana utama dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Hal ini karena tipologi wilayah Desa Fulur yang berada di pegunungan sehingga wilayah pemukiman masyarakat jauh dari sumber mata air bersih dan masyarakat pun suli untuk menggali sumur karena wilayah Desa Fulur rata-rata berstruktur batuan. Akibatnya pada musim kemarau panjang masyarakat sangat kesulitan untuk mencari air bersih karena hanya untuk mendapat air bersih saja masyarakat harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer ke sumber air. Ini menjadi kendala utama yang selalu ditemui di wilayah Desa Fulur.

Kita ketahui bahwa air bersih menjadi sangat penting ketika manusia mulai beraktivitas. Oleh karena itu, Pemerintah Desa Fulur melalui Dana APBDes Perubahan 2017 menganggarkan pengadaaan Viber sebagai sarana penampungan air bersih untuk seluruh masyarakat Desa Fulur dengan sistem pembagian per rumah yakni setiap 1 rumah disediakan 1 buah viber sehingga anggota keluarga yang mendiami rumah tersebut bisa memperoleh pasokan air bersih dengan menggunakan Viber sebagai sarana penampungan air bersih.

Dengan demikian maka, langkah Pemerintah Desa Fulur melalui pengadaan Viber sebagai sarana penampungan air bersih ini menjadi solusi dalam menanggulangi kekurangan air bersih di wilayah Desa Fulur. Semoga dengan Viber yang didistribusikan, masyarakat dapat menampung air bersih sehingga kebutuhan akan air bersih dapat dipenuhi dan pola hidup sehat masyarakat Desa Fulur pun dapat tercapai.

Foto&Liputan : Berelekyanto//

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan