” DISKUSI TERKAIT SISTEM PENDATAAN PENDUDUK DI DESA FULUR “

Sideka : fulur.desa.id// Kantor Kepala Desa merupakan satu instansi yang melakukan pendataan penduduk terutama pendataan  Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Kelahiran, Surat Kematian, dan Surat Keterangan Pindah, dan juga instansi yang merekap Masyarakat miskin dari setiap dusun di desa. Untuk itu suatu instansi membutuhkan suatu sistem informasi yang mendukung kebutuhan instansi pemerintah yang akan sangat membantu sebuah manajemen instansi pemerintah baik dalam menciptakan efisiensi dan efektifitas kerja instansi pemerintah itu sendiri. Untuk dapat meningkatkan pendataan penduduk beserta laporannya kepada instansi yang lebih tinggi yaitu kecamatan, maka diperlukan langkah-langkah pengembangan sistem pendataan yang sudah berjalan.

Sistem yang sudah berjalan dan digunakan dalam pendataan penduduk di Desa Fulur  masih bersifat manual yaitu dengan menggunakan Microsoft Excel dan Microsoft word . Oleh karena itu dengan sistem yang masih manual seperti itu   terdapat beberapa kendala sebagai berikut :

  • Sulitnya Pemberian data dan informasi secara cepat dan akurat mengenai laporan pendataan penduduk per periode tertentu pada tingkat kecamatan.
  • Sering terjadinya kesalahan atau salah sasaran ketika turun bantuan baik bantuan dari pemerintah (RASKIN) atau bantuan yang tidak permanen.
  • Perangkat komputer yang telah ada tidak digunakan secara optimal untuk pengolahan data.

Terkait dengan kendala tersebut di atas maka, pada hari ini, Jumat 8 Desember 2017 bertempat di kantor Desa Fulur, Penyuluh DBT Desa Fulur bersama Kepala Desa beserta staf melakukan diskusi terkait penggunaan program pendataan penduduk dari Dinas Kependudukan  yakni “Microsoft Visual Basic.Net”. Sistem  ini merupakan salah satu sistem yang saat ini menjadi alat bantu yang sangat tepat. Sistem ini diharapkan dapat membantu setiap hal yang berurusan dengan kependudukan. Kondisi saat ini di Kantor Kepala Desa dalam melayani administrasi kependudukan masih manual seperti menggunakan Microsoft Word yang artinya dapat memperlambat proses pendataan ataupun proses pembuatan surat-surat kependudukan yang dibutuhkan pada saat itu. Pada sistem ini akan mempermudah proses pembuatan surat pengantar pembuatan KTP, KK, ataupun pembuatan surat kelahiran, surat kematian, dan surat pindah-datang.

Pengembangan ini akan memanfaatkan teknologi informasi yang akan membantu pendataan penduduk di Desa Fulur terutama pada proses pendataan Masyarakat miskin dan juga data pembuatan KTP, pencatatan pendaftaran permohonan Kartu Keluarga (KK), pencatatan data pindah penduduk, data kelahiran, dan data kematian yang memerlukan kecermatan dan ketelitian tinggi. Sehingga dalam waktu yang singkat pembuatan laporan pendataan penduduk tersebut diatas dapat meminimalkan kesalahan dan terlambatnya mendata penduduk yang seharusnya sudah masuk ke kecamatan.

Liputan : Berelekyanto//

1 Comment

Tinggalkan Balasan