KONDISI RUANG KELAS SMPN KELAS JAUH FULUR SANGAT MEMPRIHATINKAN

Sideka: fulur.desa.id// Kondisi ruang kelas SMPN Kelas Jauh Fulur sampai saat ini belum direnovasi baik oleh pihak Sekolah maupun oleh pihak Pemerintah. Gedung yang sebelumnya digunakan sebagai ruang belajar SDK Fulur II ini digunakan oleh SMPN Kelas Jauh Fulur sebagai ruang pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sejak tahun 2004 hingga saat ini. SMPN Kelas Jauh Fulur merupakan perpanjangan tangan dari SMP Negeri Weluli yang berpusat di Pusat Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu. Namun sangat ironis, hingga saat ini SMPN Kelas Jauh Fulur belum mempunyai status yang jelas dan lebih sadisnya lagi ruangan kelas yang digunakan sangat sudah tidak layak untuk digunakan sebagai sarana proses belajar mengajar. Hal ini sangat bertolak belakang dengan misi peningkatan mutu pendidikan dimana kondisi ruangan kelas sangat berpengaruh terhadap kenyamanan siswa dalam mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Dengan ruangan kelas yang sudah tidak layak ini, guru-guru pengajar serta siswa-siswi tetap antusias dalam mengembangkan pendidikan di Desa Fulur Kecamatan Lamaknen Kabupaten Belu.

Terkait status dan keberadaan SMPN Kelas Jauh Fulur ini, pihak sekolah yang bertanggungjawab terhadap SMPN Kelas Jauh Fulur dalam hal ini guru-guru yang mangajar di SMPN Kelas Jauh Fulur bersama beberapa tokoh masyarakat Desa Fulur sudah melakukan koordinasi dengan pihak  Pemerintah Desa untuk menyampaikan kondisi dan keberadaan SMPN Kelas Jauh Fulur ke tingkat Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten. Namun apalah artinya jika usaha koordinasi yang dilakukan hanyalah sia-sia???  Hingga saat ini, belum ada perhatian baik dari Pemerintah Desa Fulur, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Kabupaten, maupun Kepala Sekolah SMP negeri Weluli sebagai sekolah induk.

Kondisi ini dapat dilihat dari lemahnya koordinasi Pemerintah Desa Fulur, tokoh masyarakat dengan pihak sekolah untuk meningkatkan keberadaan dan status SMPN Kelas Jauh Fulur. Disamping itu, perhatian pemerintah khusunya Pemerintah Desa Fulur terhadap SMPN Kelas Jauh Fulur pun sangat minim bahkan sama sekali tidak ada sehingga sejak tahun2004 hingga saat ini (tahun 2017) status dan kondisi SMPN kelas jauh Fulur tidak dapat ditingkatkan. Bahkan kondisi ruangan kelas yang digunakan sejak tahun 2004 tidak pernah direnovasi sehingga kondisi ruangan kelas sangat memprihatinkan.

 

Kondisi gedung sekolah dan ruang kelas sebagai tempat berlangsungnya proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) seperti terlihat diatas sangat tidak sesuai dengan standar bangunan tempat pendidikan. Namun, demi terciptanya kualitas dan mutu pendidikan di Desa Fulur guru-guru yang menjadi pengajar di SMPN Kelas Jauh Fulur tetap berpedoman pada misi visi dan misi pendidikan yakni menciptakan generasi penerus bangsa meskipun kondisi ruangan kelas dan bangunan yang digunakan yang sangat tidak layak. Oleh karena itu, diharapkan kepada Pemerintah, untuk terus berupaya meningkatkan kualitas ruang dan bangunan sarana pendidikan terutama di wilayah perbatasan khususnya SMPN Kelas Jauh Fulur yang berada di wilayah Desa Fulur, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu sehingga pemerataan pembangunan dalam bidang pendidikan dapat menyentuh wilayah pinggiran tapal batas Timor Leste dan optimalisasi peningkatan mutu pendidikan dapat  tercapai secara optimal.

Foto&Liputan : Berelekyanto//

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan