Yayasan PLAN International Indonesia dan Pijar Timur Melakukan Monev 5 Pilar STBM

fulur.desa.id : Jumat 14 Februari  2020.  Dalam rangka menindaklanjuti deklarasi 5 Pilar STBM di Desa Fulur pada 22 November 2019 lalu Yayasan PLAN Internasional Indonesia dan Pijar Timur melakukan kunjungan ke desa Fulur untuk memantau porgres pelaksanaan hasil deklarasi dimaksud.

 

Rombongan Hanna Vanya Disambut Secara Adat Oleh Mako’an dan Tarian Likurai

Tiba di kantor desa Fulur rombongan disambut dengan tarian likurai dari siswa – siswi SMPN fulur.  Mewakili PLAN Indonesia Hanna Vanya : Comunication Specialist Plan Indonesia, Goris Leu Ape dan Dominggus S Lopes.

Dalam kunjungan tersebut Hanna Vanya Comunication Specialist Plan Indonesia melakukan wawancara dengan Bidan Desa, Kader Posyandu dan Kepala Desa Fulur untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan program STBM di Desa Fulur.

Hanna Vanya Com Specialist Plan Indonesia Mewawancarai Bidan Desa dan Kader Posyandu

Perwakilan Yayasan Pijar Timur Goris Leu Ape kepada pewarta desa menyampaikan bahwa kunjungan ini dimaksud untuk mengetahui progres penerapan hasil deklarasi yang sudah dilakukan sebelumnya. “ Kunjungan ini untuk menindaklanjuti hasil deklarasi yang sudah dilakukan pada tanggal 22 November 2019 lalu setelah beberapa tahapan panjang mulai dari Sosialisai oleh Puskesmas Weluli pada Januari dan Februari 2019, Pendataan Kepala Keluarga, Kemudia Pemicuan di 8 dusun oleh Puskesmas dan Sanitarian, TIM STBM Kecamatan TNI dan POLRI pada bulan Maret. Lanjutnya PLAN dan Pijar Timur mulai masuk ke Fulur pada bulan April 2019, untuk mempercepat perubahan untuk mencapai target deklarasi di Bulan November 2019 maka dilakukan sosialisasi pada bulan Juli Oleh Yayasan PLAN dan Pijar Timur, dibentuk tim STBM, Kemudian dilakukan Pemicuan pada bulan oktober, Monitoring bersama seluruh tim STBM Desa, Puskesmas, dan Kecamatan serta Pijar Timur dan hasil verifikasi diserahkan ke kabupaten dan ditetapkan untuk dilakukan deklarasi pada November 2019  Ujarnya;

Hadir dalam kunjungan tersebut para kepala dusun, Bidan Desa, para kader posyandu serta perangkat desa. Sementara Kepala Desa Fulur Julianus Lesu Bau yang diwawancarai secara terpisah oleh Tim PLAN Internasional karena sedang mengikuti kegiatan MUSREMBANGCAM di Weluli menyampaikan bahwa Kunjungan ini bertujuan untuk memantau perkembangan penerapan STBM berupa

  1. Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS);
  2. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS);
  3. Pengelolaan Air Minum-Makanan Rumah Tangga (PAMM RT);
  4. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (PS RT);
  5. Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga (PLC RT),

Kades menambahkan Desa Fulur merupakan satu Desa yang terpilih di Kabupaten belu unutk Deklarasi 5 pilar STBM. Hari Tim dari PLAN Internasional dan Pijar Timur berkunjung untuk mewawancarai Kepala Desa , Kepala Puskesmas , Bidan Desa, Kader Posyandu dan Masyarakat untuk melihat sejauh mana perubahan pola hidup sehat sesuai 5 Pilar STBM yang sudah dideklarasikan; ujarnya.

Foto & Liputan : S.L Eduard

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan