Pembagian Bantuan Sosial Bagi Warga Desa Fulur

fulur.desa.id// Babalai, Jumat 22 Mei 2020, Pembagian Bantuan bagi warga akibat pandemi Covid 19 mulai dilaksanakan. Setelah pada hari selasa 19 Mei 2020 bertempat di kantor desa Fulur  dilakukan pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) oleh dinas sosial kabupaten Belu, yang menyasar sejumlah 85 Kepala Keluarga sejumlah Rp.600.000,/kk, Pembagian bantuan juga kembali dilakukan sehari kemudian pada Rabu 20 Mei 2020, dengan pembagian Bantuan Perluasan Sembako kepada 61 kepala keluarga.

Disela sela pembagian Bantuan pada hari kedua rabu 20 mei 2020, Anggota DPRD Belu melakukan pemantauan diantaranya Dra. Aquilina Ili dari Partai PDI Perjuangan, Manek Rofinus dari Partai Golkar dan Frans Xaver Saka dari Partai Demokrat. Dalam pantauan anggota Dewan langsung berbincang dengan warga dan menanyakan permasalahan yang ditemui di lapangan.
Anggota DPRD Belu Frans Xaver Saka mengharapkan agar tidak ada warga yang tidak diakomodir. ” Hari ini kita lakukan pemantauan dengan tujuan agar semua warga tercover, Ini kan ada 3 sumber dana , ADD, BST dan perluasan sembako,jadi jangan sampai ada yang yamg tidak tercover,Ujar Apin sapaan akrabnya.

Pembagian Bantuan Perluasan Sembako ( Hari II ) di pantau langsung oleh Anggota DPRD Belu Frans Xaver Saka ( Tengah )

Pembagian Bantuan kembali dilanjutkan pada hari Jumat 22 mei 2020 di kantor desa Fulur.  Dalam pendataan yang dilakukan oleh pemerintah desa terdapat 200 kk sasaran dianggarkan sebanyak Rp. 600.000, / KK selama 3 Bulan, total anggaran yang disiapkan sejumlah Rp. 360.000.000.

Kepala Desa Fulur Bersama Babinpol, Babinsa dan Petugas Mendatangi KK Lansia untuk mebagikan Bantuan Jumat 22/5/2020. ( Hari ke III )

Dalam pelaksanaannya terdapat kendala yang ditemui oleh Pemdes yakni adanya pendobelan data dari BST dan Perluasan Sembako diantaranya terdapat kk sasaran yang merupakan orang berpenghasilan diatas Rp. 600.000. Hari ini bantuan dibagikan kepada 116 kk dari 134 daftar karena terdapat pendobelan nama sebanyak 18 kk, sehingga dari 200 yang direncanakan masih tersisa 84 kk yang belum mendapat bantuan.

Kepala Desa Fulur Julianus Lesu Bau menyampaikan bahwa Pemerintah Desa harus memastikan semua warga mendapat bantuan, sehingga pembagian akan kita lakukan dalam beberapa hari agar tidak ada data yang bermasalah. Pembagian akan kita lakukan lagi pada minggu depan setelah libur lebaran, untuk yang belum diakomodir kita akan melakukan verifikasi dan pendataan lebih lanjut, sambil berkordinasi dengan pihak Pemda, Bank BRI dan Babinpol serta Kecamatan.

Julianus melanjutkan untuk penanganan Covid-19 pemerintah desa mengucurkan anggaran sejumlah Rp. 360.000.000, untuk Bantuan Laangsung Tunai dan Rp.43.000.000, untuk Posko Covid-19, relawan dan belanja bahan disinfektan, alat semprot dan Polytank, jadi total anggaran yang dikucurkan sebanyak Rp.403.000.000,.

Dalam Pembagian Bantuan hari ketiga Jumat 22/05/2020 turut hadir juga  Kepala Bidang Pemdes Dinas PMD Belu, Anggota DPRD Partai Golkar Manek Rofinus. Sementara  Babinsa Fulur dan Babinpol Desa Fulur selalu mendampingi pemerintah Desa dalam pembagian Bantuan.

Foto dan Liputan : Edmund & El Fabio

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan